Gambaran Umum Sistem Informasi
Macam-macam Sistem Informasi, antara lain :
Sistem Reservasi pesawat terbang, digunakan dalam biro perjalanan untuk melayani pemesanan / pembelian tiket
Sistem untuk menangani penjualan kredit kendaraan bermotor sehingga dapat digunakan untuk memantau hutang para pelanggan
Sistem POS (Point Of Sale) yang diterapkan pada kebanyakan pasar swalayan dengan dukungan pembaca barcode untuk mempercepat pemasukan data
Sistem berbasiskan kartu cerdas (smart card) yang dapat digunakan oleh juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke Rumah Sakit karena didalam kartu tersebut terekam data-data mengenai pasien
Sistem layanan akademis berbasis web yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data-data akademis
Beberapa Kemampuan Sistem Informasi
Menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah, akurat dan cepat
Menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar dalam ruang yang kecil tetapi mudah diakses
Memungkinkan pengaksesan informasi yang sangat banyak di seluruh dunia dengan cepat dan murah
Meningkatkan efektivitas dan efisiensi orang-orang yang bekerja dalam kelompok dalam suatu tempat atau pada beberapa lokasi
Pembiayaan yang jauh lebih murah daripada pengerjaan secara manual
Kemampuan-kemampuan ini mendukung sasaran bisnis yang mencakup :
Peningkatan produktivitas
Pengurangan biaya
Peningkatan pengambilan keputusan
Peningkatan layanan ke pelanggan
Pengembangan aplikasi-aplikasi strategis yang baru
Jadi Sistem Informasi adalah Kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi
Sistem Informasi Tidak Sama Dengan Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen merupakan salah satu jenis Sistem Informasi, yang secara khusus ditujukan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen dan untuk pengambil keputusan.
Teknologi Informasi
Teknologi Informasi Tidak Sama Dengan Sistem Informasi
Teknologi Informasi hanyalah bagian Sistem Informasi
Teknologi Informasi dibagi menjadi 6 kelompok :
Teknologi Masukan
Teknologi Keluaran
Teknologi Perangkat Lunak
Teknologi Penyimpan
Teknologi Telekomunikasi
Mesin Pemroses
Peranan Teknologi Informasi
Menggantikan Peran Manusia
Memperkuat Peran Manusia
Melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses
GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Definis SIM
Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah Sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (integrated) untk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen dan pengambilan keputusan dalam organisasi
Tujuann SIM adalah supaya organisasi memiliki informasi yang bermanfaat dalam pembuatan keputusan manajemen, baik menyangkut keputusan-keputusan rutin maupun keputusan-keputusan yang strategis
Supaya informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat berguna bagi manajemen, maka analis sistem harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkannya yaitu dengan mengetahui kegiatan-kegiatan untuk masing-masing tingkat (level) manajemen dan tipe keputusan yang diambilnya.
Beberapa Manfaat SIM
Mengolah transaksi-transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka
Mengembangkan proses perencanaan yang efekttif
Meningkatkan aksesibiltas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai
Bank menggunakan sistem informasi untuk mengolah cek-cek nasabah dan membuat berbagai laporan koran dan transaksi yang terjadi
Komponen Pembangun SIM
Hardware
Perangkat yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan Input – Proses – Output
Software
Aplikasi atau program yang digunakan pada hadware, untuk keperluan dalam sistem informasi manajemen pada sebuah perusahaan
Prosedur / Pedoman
Merupakan aturan dalam menjalankan suatu organisasi. Prosedur ini memiliki komponen fisik karena prosedur disediakan dalam bentuk fisik, seperti : Buku Panduan, Buku Manual
Database
Aplikasi khusus yang digunakan untuk mengorganisasikan data dan informasi pada suatu proses operasi suatu organisasi.
Disebut juga Bank Data, karena memuat seluruh data perusahaan yang perannya sangat penting bagi kelancaran organisasi.
Model
Gambaran dari kenyataan yag bertujuan untuk mengetahui kondisi pasar. Semua model didasarkan asumsi yang bersifat konsisten
Manajemen Informasi Sebagai Sumber Daya Yang Dibutuhkan Perusahaan
Kegiatan Bisnis Yang Semakin Kompleks
Semua perusahaan terkena pengaruh ekonomi internasional dan bersaing dalam pasar internasional, teknologi bisnis menjadi semakin kompleks, batas waktu untuk bertindak semakin singkat dan terdapat kendala-kendalam sosial.
Pengaruh Ekonomi Internasional
Dapat terlihat pada nilai relatif mata uang dari setiap negara.
Persaingan Dunia
Dampak dari persaingan ini terlihat pada impor dari luar negeri
Kompleksitas Teknologi Yang Meningkat
Perusahaan melakukan investasi pada teknologi supaya dapat melaksanakan operasi yang diperlukan (Robot-robot pabrik, Barcode Scanners)
Batas Waktu Yang Singkat
Semua tahap operasi bisnis sekarang dilaksanakan secara lebih cepat. Contoh : E-Commerce
Kendala-Kendala Sosial
Perluasan Pabrik, Produk baru, tempat penjualan baru dan tindakan-tindakan serupa, semuanya harus dipertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan
Meningkatnya Kemampuan Komputer Sebagai Alat Bantu Dalam Perusahaan
Para pemakai sekarang tidak memandang komputer sebagaI sesuatu yang istimewa tetapi sebagai bagian peralatan kantor yang dibutuhkan, seperti halnya : meja, telepon atau mesin photocopy
Ciri –Ciri Kemampuan Komputer :
Pengolahan cepat
Tingkat akurasi tinggi
Kapasitas penyimpanan besar
Efektif untuk tugas yang berulang-ulang
Dapat berfungsi hampir secara terus menerus
Teliti dalam mendeteksi situasi menyimpang
Dapat diperbaiki dan ditingkatkan
Sistem Informasi Manajemen dibeberapa perusahaan besar setidak-tidaknya memiliki 5 komponen penting meningkatkan kemampuan komputer sebagai alat bantu dalam perusahaan, yaitu :
Sistem Pemrosesan Data
Melakukan proses update atas berbagai database yang terdapat dalam perusahaan dan menyajikannya dalam bentuk informasi terkini sebagaimana yang dibutuhkan oleh manajemen perusahaan
Sistem Pelaporan Manajemen
Mengumpulkan data kemudian diproses untuk menghasilkan informasi atau laporan yang diperlukan oleh manajer dalam menentukan perencanaan dan mengambil keputusan.
Beberapa jenis pelaporan manajemen adalah sebagai berikut :
Laporan Detail (Detail Report)
Laporan yang memuat informasi detail dari setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan waktunya serta informasi detail lainnya
Laporan Ringkas (Summary Report)
Laporan ini memuat beberapa informasi penting yang diperlukan, yaitu manajemen pada level yang lebih tinggi
Laporan Pengecualian (Exception Report)
Laporan yang menyampaikan beberapa penyimpangan atas standar tertentu yang telah ditetapkan oleh perusahaan
Laporan Atas Permintaan (On Demand Report)
Laporan ini dilaporkan atas dasar permintaan saja.
Sistem Pendukung Dalam Pengambilan Keputusan
Sistem ini secara terprogram mampu menjawab beberapa kasus dalam perusahaan yang menyangkut jawaban atas pertanyaan.
Tujuan dari Decision Support System antara lain :
Membantu manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah
Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya
Meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan seorang manajer dari pada efisiensinya
SIM digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi untuk pengolahan transaksi, penjelasan status. Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari, lapisan ketiga terdiri dari sumber daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen, dan lapisan puncak terdiri dari sumberdaya informasi untuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan tingkat puncak manajemen.
Inf. Manaj. Utk perenc taktis dan pengambilan keputusan
Pengolahan transaksi, pemberian informasi, (tanggapan atas pertanyaan
Inform. manaj utk perencanaan oprasional, pengambilan keputusan dan pengendalian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar