Selasa, 24 Maret 2015

Galaxy Note 4 vs Sony Xperia Z3

Dua ponsel cerdas premium yang diluncurkan di paruh kedua Tahun 2014 adalah Samsung Galaxy Note 4 dan Sony Xperia Z3. Kedua ponsel ini memiliki harga di atas 9 Juta Rupiah, perangkat besutan Sony dihargai dengan harga berkisar 10 Juta Rupiah lebih sedangkan andalan terbaru Samsung dijual dengan harga berkisar 11 Juta Rupiah.
Apakah harga yang lebih mahal menjadikan Samsung Galaxy Note 4 lebih superior dibandingkan Sony? Atau Sony Xperia Z3 mampu menendang Galaxy Note 4 jauh-jauh dengan spesifikasinya? Mari kita bandingkan saja kedua produk andalan dari Jepang dan Korea Selatan ini.



Desain
Seperti halnya ponsel-ponsel cerdas lain yang diproduksi oleh Sony, Sony Xperia Z3 dibangun dengan serius dan memiliki ketahanan prima terhadap debu dan air, bahkan memperoleh sertifikasi IP68 yang merupakan tingkat tertinggi. Sedangkan Samsung walaupun memproduksi Galaxy S5 dengan desain rapat yang tahan air, teknologi ini tidak disebrangkan pada Galaxy Note 4.

Display
Baik Sony Xperia Z3 maupun Samsung Galaxy Note 4 memiliki ukuran layar yang sama dengan predesesornya. Ini artinya Sony Xperia Z3 memiliki layar 5.2 inchi dan Samsung Galaxy Note 4 menggunakan layar 5.7 inchi.
Sony menggunakan layar full HD dengan tingkat kepadatan dahsyat 424 ppi, sedangkan Galaxy Note 4 memiliki layar qHD 1440 x 2560 dengan tingkat kedalaman yang jauh lebih hebat yakni 515 ppi, spesifikasi yang sama dengan yang digunakan oleh andalan LG, yaitu LG G3.
Sistem Operasi
Baik Samsung Galaxy Note 4 ataupun Sony Xperia Z3 akan mengusung sistem operasi Android 4.4 KitKat. Meskipun begitu kedua ponsel cerdas ini akan memberikan pengalaman yang lain karena Samsung seperti biasa akan memberikan balutan Touch Wiz UI sedangkan Sony Xperia Z3 akan menggunakan tampilan UI khas Xperia.

Kamera
Pertempuran di sisi fotografi cukup seru, Galaxy Note 4 memiliki lensa kamera utama 16 MP dengan fitur autofocus dan Smart Optical Image Stabilization, sementara Sony Xperia Z3 memiliki lensa kamera utama 20.7 MP sama seperti versi Xperia sebelumnya, namun tentunya dengan beberapa perbaikan seperti lensa wide angle 28 mm, ISO maksimal 12800 untuk hasil yang lebih baik pada kondisi kurang cahaya.
Namun untuk kamera depan, Sony harus mengakui keunggulan Samsung dengan lensa 2.2 mm berbanding 3.7 mm.

Prosesor
Sama seperti Sony Xperia Z2, sang adik Sony Xperia Z3 akan menggunakan chipset yang sama yaitu Qualcomm Snapdragon 801, meskipun begitu Z3 memiliki clock speed lebih tinggi yaitu 2.5 GHz dengan dukungan RAM 3GB.
Bandingkan dengan Samsung Galaxy Note 4 yang akan menggunakan Qualcomm Snapdragon 805 atau Exynos octa-core dengan arsitektur 64-bit. Hal ini membuat Note 4 mengungguli Z3 karena Android 5.0 Lollipop yang siap disebarkan akan menggunakan prosesor 64 bit.

Penyimpanan
Baik Sony Xperia Z3 maupun Samsung Galaxy Note 4 menawarkan slot microSD dengan kapasitas penyimpanan maksimal hingga 128GB. Namun untuk internal storage Galaxy Note 4 unggul jauh dengan kapasitas 32GB, dua kali dibandingkan Sony Xperia Z3 yang hanya 16GB.
Untuk sumber daya, Samsung Galaxy Note 4 unggul sedikit dengan kapasitas baterai 3220 mAh sedangkan Sony Xperia Z3 3100 mAh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar